------------------------------------------------- tracking code - googleanalitic ------------------------------------------

Senin, 03 Mei 2010

Jangan menuggu kesempatan datang. Carilah kesemptan itu!

Selama kita punya excuse (dalih) untuk gagal, kita akan mudah menerima kegagalan dan sulit untuk berhasil.


Seringkali kita mengeluh karena tidak diberi kesempatan atau tidak mempunyai kesempatan yang sama atas sebuah peluang. Alasan ini sering menjadi excuse kita untuk gagal. Karena menganggap tidak diberi kesempatan, maka dengan santai kita merasa wajar untuk gagal.

Apakah itu excuse yang pantas?

Orang sukses tidak peduli diberi kesempatan atau tidak ia tetap berusaha sukses.

Jika ada kesempatan diambil.
Jika dihalang-halangi maka dilewati.
Jika tidak ada kesempatan maka mereka membuat kesempatan.

"If you think you can, you can. And if you think you can't, you're right." (Mary Kay)


Itulah filosofi hidup Mary Kay pendiri Mary Kay Cosmetics Inc. Ia yakin ia bisa sukses dan akan sukses.

Tapi ketika ia bekerja sebagai pegawai tahun 1960-an di Amerika itu sedang terjadi diskriminasi terhadap perempuan di dunia kerja. Kalo kita tonton film Monalisa Smile yang menceritakan diskriminasi terhadap perempuan di dunia akademis tahun 1950-an, maka pada tahun 1960-an situasinya belum terlalu berubah. Diskriminasi juga terjadi di dunia kerja dan dunia bisnis.

Dalam film itu diceritakan tugas perempuan hanyalah sebagai ibu rumah tangga sedangkan dunia kerja adalah milik laki-laki. Situasi yang dialami Mary Kay kurang lebih serupa. Di perusahaan kosmetik tempatnya bekerja laki-lakilah yang diutamakan untuk menduduki jabatan-jabatan tinggi. Mary Kay tidak diberi kesempatan promosi. Karirnya mentok.

Ia tidak diberi kesempatan untuk maju oleh perusahaan tempat ia bekerja ataupun oleh iklim dunia kerja dan dunia bisnis di Negara Amerika saat itu.

Mary Kay lalu membuat keputusan paling penting dalam hidupnya yaitu berhenti dari tempat kerjanya. Ia lalu menulis buku tentang kesulitan-kesulitan di tempat kerja buat seorang wanita. Ia pun memutuskan untuk menjadi business women yang sukses. Ia melihat ada peluang. Ia melihat Avon cosmetics dan perusahaan lainnya tidak menjual facial skin care.

Iapun mendirikan perusahaan kosmetik sendiri yaitu Mary Kay Cosmetics Inc. Sistem penjualan di perusahaan ini adalah direct selling.

Di perusahaan ini Mary Kay ingin wanita menjadi maju. Hampir semua karyawan dalam perusahaan direct selling ini adalah perempuan kecuali anak laki-lakinya yang menjadi presiden perusahaan.

Hebatnya perusahaan ini tidak menggunakan hewan dalam eksperimen produk. Perusahaan ini juga memenangkan penghargaan dari Badan Lingkungan Hidup PBB.

Suatu hal yang oleh banyak perusahaan dianggap merugikan kalau memperhatikan lingkungan hidup.

Perusahaan ini menjadi maju pesat. Perusahaan ini memiliki cabang di 28 negara dan menjadi perusahaan direct selling cosmetics terbesar di Amerika Serikat.

Satu-satunya rival adalah Avon. Nilai asset perusahaan ini adalah 320 juta dollar. Setiap tahunnya perusahaan ini menghasilkan lebih dari 1,5 juta dollar penjualan langsung. Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 300.000 pegawai.

Berangkat dari pengalaman hidupnya yang dihambat keinginannya untuk sukses, perusahaan Mary Kay juga berkeinginan memberi jalan kesuksesan buat perempuan. SUdah banyak milyarder perempuan yang dilahirkan melalui Perusahaan mary Kay ini.

Perusahaan ini juga memberikan award buat para distributor dengan penjualan tertinggi. Award ini berupa Mobil Cadillac berwarna pink, berlian. Pin bumblebee dan liburan kelas bintang 5. Perusahaan ini ingin para wanita nyaman dengan dirinya. Baik itu para distributor ataupun para konsumen.

Jadi Mary Kay tidak memikirkan diri sendiri. Ia juga berusaha menjadi jalan bagi kesuksesan perempuan-perempuan lainnya. Ia menjadi perintis bagi kesuksesan bisnis perempuan-perempuan lainnya di seluruh dunia.

Jadi ketika tidak diberi kesempatan sukses Mary Kay tidak hanya mengeluh. Kalaupun mengeluh keluhannya itu bersifat produktif dan menjadi buku. Seteleh mengeluh Mary Kay melakukan action dengan menciptakan kesempatan itu untuk dirinya dan banyak wanita lainnya.

create by: Andri Eko Prabowo Copyright: Allah S.W.T. diperkenankan melakukan copy paste isi blog ini asal bermanfaat dan mencantumkan sumbernya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan meninggalkan komentar anda sebagai tanda mata bagi kami.
mohon dengan sangat untuk tidak meninggalkan komentar yang berbau pornografi dan SARA.
eTrimakasih telah mampir di rumah kami dan telah bermurah hati, untuk memberikan komentar pada artikel-artikel kami

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails